Ada Apa Dengan Pembangunan Stadion Kota Bekasi Senilai Rp. 500 Milyar


LSM - RAJAWALI MUDA - Kota Bekasi - PEMBANGUNAN stadion bertaraf internasional di Kota Bekasi resmi dimulai dengan dilakukannya pemasangan tiang pancang, Rabu (12/10) pagi. Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi membutuhkan dana Rp500 miliar lebih untuk mewujudkan stadion berkapasita 30.000 tempat duduk itu.

Tidak ada kegiatan seremonial saat pemasangan tiang pancang pertama pembangunan stadion tersebut dimulai. Gubernur Jawa Barat. Ahmad Heryawan, yang sedianya dijadwalkan datang, ternyata urung hadir.
Kepala Dinas Bangunan dan Kebakaran Kota Bekasi. Syafri mengatakan bahwa pada tahap awal, kegiatan pembangunan stadion tersebut ditopang dana dari APBD Kota Bekasi sebesar Rp3 miliar dan bantuan Pemerintah Provinsi
(Pemprov) Jawa Barat Rp25 miliar.
"Anggaran Rp3" miliar Itu mulai digunakan untuk penyelesaian Detail Engineering Design (DED) dengan konsultan perencana dari Penta Architecture dan konsultan manajemen konstruksi dari PT Indah Karya." ungkapnya kemarin.
Perencanaan DED secara keseluruhan, kata Syafri, baru akan selesai pada akhir Oktober 2011. "Kami sih pengennya pembangunan stadion Ini. kalau bisa rampung dalam Uga tahun, tapi Itu kan tergantung pendanaannya." ujarnya.
Menurut Syafri, total anggaran yang dibuluhkan untuk menyelesaikan pembangunan stadion tersebut diperhitungkan lebih dari Rp500 miliar. Stadion yang dibangun di atas lahan seluas 9.1 hektar itu akan memiliki luas total bangunan 4 hektar. Pembangunan stadion Ini Juga merupakan perluasan dari Stadion Patriot yang sudah ada yang hanya seluas 3 hektar.
Syafri menjelaskan, pada tahap pertama, pekerjaan yang dilakukan adalah pemasangan pondasi tiang pancang tribune barat dan Umur serta sebagian pile cap. "Pemasangan Uang pancang Ini tidak merusak aset Stadion Patriot, tapi kalau nanu aset sudah lelang, tahap selanjutnya akan dikerjakan." terangnya.
Tahap kedua adalah pekerjaan lanjutan pile cap. sloof dan struktur atas, arsitektur dan mekanlkal elektrikal di tribune barat dengan kapasitas seba-
Target selesai pemasangan tiang pancang ini akhir Desember 2011. Setiap hari kami lakukan pemancangan, akan ada empat mesin yang disiapkan.nyak 9500 tempat duduk serta tribune timur yang Juga memiliki kapasitas 9500 penonton.
Tahap keUga adalah pekerjaan lanjutan pile cap.sloof dan struktur atas, arsitektur dan mekanlkal elektrikal tribune utara dan selatan dengan total kapasitas 11.000 penonton.
Endang Hidayat. Project Manajer pembangunan stadion tersebut mengatakan akan ada 1.395 UUk Uang pancang yang dipasang di sisi Umur dan barat. Target selesai pemasangan tiang pancang Ini akhir Desember 2011. Setiap hari kami lakukan pemancangan, akan ada empat mesin yang disiapkan." ujarnya.
Selain hamparan lapangan sepak bola yang bisa digunakan untuk pertandingan taraf Internasional, stadion beru tersebut Juga dirancang akan dilengkapi dengan fasilitas perkantoran, sarana atletik, dan dua lokasi gedung parkir bertingkat, (chi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar